KENALI KAMI LEBIH DEKAT

sebagai referensi bagi anda

MTs YPPA Cipulus Aktif Kreatif Inovatif

Profil Madrasah

Identitas

Nama Sekolah Madrasah Tsanawiyah YPPA Cipulus

NPSN/NSM 20279192/12123214002

Profil Akreditasi

Akreditasi A

Terakreditasi A BAN Tahun 2021

Nomor : 1346/BAN-SM/SK/2021

Kilas Singkat

Tentang

Madrasah Tsanawiyah YPPA Cipulus merupakan jenjang pendidikan lanjutan bagi lulusan SD/MI setara SLTP/SMP yang berada dibawah naungan Kementerian Agama Republik Indonesia. Berdasarkan regulasi yang berlaku Madrasah Tsanawiyah resmi dan diakui negara sehingga lulusannya dapat melanjutkan ke jenjang lanjutan (SMA/MA/SMK) baik swasta maupun negeri.

Kilas Singkat

Pendidikan

Halnya sekolah menengah pertama (SMP) di Madrasah Tsanawiyah juga siswa mempelajari beberapa materi pelajaran umum seperti bahasa indonesia, bahasa inggris, matematika, IPA, IPS dll. Terlebih di Madrasah Tsanawiyah memiliki keunggulan dengan tambahan beberapa materi seperti Fiqih, Akidah Akhlaq, Sejarah Kebudayaan Islam, Al-Qur’an Hadits, Bahasa Arab dll yang rata-rata tidak dipelajari di sekolah pada umumnya.

Kilas Singkat

Kurikulum

MTs YPPA Cipulus terus berkembang sesuai dengan regulasi yang ditentukan pemerintah dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kementerian Agama Republik Indonesia. Peran aktif menyesuaikan pada kurikulum yang berkembang dan berlaku sesuai intruksi lembaga terkait. Selain itu, Madrasah menambahkan beberapa pengembangan untuk meningkatkan mutu lulusan yang berkualitas dan mampu bersaing dengan siswa lulusan sekolah umum lainnya. 

Kilas Singkat

Kegiatan

Selain kegiatan akademik yang disesuaikan dengan kurikulum yang berkembang, siswa dibekali pengembangan karakter hingga kecakapan (Life Skill) melalui banyak pilihan kegiatan ekstrakurikuler yang sudah berjalan dan terus ditambah dari sejak Madrasah Tsanawiyah didirikan hingga saat ini. Tidak sedikit melalui kegiatan pengembangan ini MTs YPPA Cipulus mengikuti dan menjuarai beberapa even yang diadakan oleh organisasi maupun instansi terkait.

Kilas Singkat

Ekstrakurikuler

Sebagai media untuk merangsang kepekaan siswa dalam memahami kecakapan diri sendiri yang sesuai dengan bakat untuk kemudian dikembangkan.

Ekstrakurikuler (Pramuka, Paskibra, PMR, TKM, Science Club, Sport Club, Jurnalistik, Tahsin & Tahfidz Al-Qur’an, Marawis, Hadroh, Nasyid, Klub Kaligrafi dan Drum Band)

Kelompok Olimpiade (Pidato Bahasa Indonesia, Pidato Bahasa Inggris, Pidato Bahasa Arab, Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial, Matematika, Sirrah Nabawiyah, dll.)

Coming Soon (Klub Teknologi Informasi & Komunikasi, PKS, PCA, English Club, dll)

Kilas Singkat

Kerjasama

Madrasah Tsanawiyah YPPA Cipulus yang juga merupakan sekolah berbasis pesantren menjalin kerjasama bersama beberapa Pondok Pesantren yang secara legalitas dalam satu rumpun, sehingga pengembangan hingga pengendalian setiap pelanggaran dapat dikomnikasikan dan diselesaikan dengan cepat guna mengurangi dan membatasi pelanggaran-pelanggaran yang melanggar nilai dan norma yang berlaku.

Kilas Singkat

Alumni

Sejak berdiri sekitar 1988 silam, Madrasah Tsanawiyah YPPA Cipulus mendapatkan animo baik dari masyarakat dalam dan luar Kabupaten Purwakarta terlebih beberapa siswa datang dari luar provinsi sehingga sejak berdiri sampai saat ini sekitar 34.592 alumni tersebar ke seluruh nusantara. Tidak sedikit alumni Madrasah Tsanawiyah YPPA Cipulus sudah bekerja diberbagai lembaga negeri maupun swasta mulai dari TNI/Polri, ASN, Legislatif dll.

Kilas Singkat

Independensi

Sebagai lembagai pendidikan yang berada dibawah naungan Yayasan Pondok Pesantren Al-Hikamussalafiyah, Madrasah Tsanawiyah memiliki beberapa wewenang secara preogatif untuk mengolah dan mengatur hingga membatasi berbagai bentuk kegiatan yang lebih mengedepankan nilai kemanfaatan bagi siswa dimasa mendatang.

Kilas Singkat

Nilai

Sebagai sekolah yang berada dalam lingkungan pesantren berbasis Ahlussunnah Wal Jamaah An-Nahdliyah (NU) kebijakan sekolah berpedoman pada kaidah-kaidah yang telah ditentukan oleh ulama-ulama Nahdlatul Ulama seperti Al-Qu’an, Hadits, Ijma serta Qiyas ulama. Ini difungsikan sebagai landasan utama bagi seluruh guru dan siswa dalam menyempurnakan nilai-nilai utama kemanusiaan. Fiqih, Tauhid, Tasawuf dll sebagai kajiannya.