MTs YPPA Cipulus

Pindah Masuk

TIDAK MENERIMA PINDAHAN KELAS IX (SEMBILAN)

Berikut tahapan-tahapan bagi ibu/bapak yang berniat untuk melanjutkan/pindah belajar dari sekolah lain ke MTs YPPA Cipulus.

  1. Orang tua/wali calon siswa datang/berkunjung ke pondok yang berada di lingkungan MTs YPPA Cipulus untuk tempat tinggal calon siswa nantinya. Jika dipastikan sudah memperoleh asrama tempat tinggal calon siswa, orang tua/wali siswa berikutnya
  2. Datang ke kantor sekretariat MTs YPPA Cipulus dan di WAJIBKAN membawa Buku Raport calon siswa yang bersangkutan untuk kemudian diserahkan kepada panitia penerimaan siswa baru/pindahan.
  3. Sekolah memiliki kewenangan untuk menerima atau menolak berdasarkan hasil pertimbangan dari Buku Raport siswa yang telah diserahkan oleh orang tua. (salah satu faktor calon siswa ditolak adalah ketersediaan kuota kursi pada sistem online)
  4. Jika pendaftaran diterima, orang tua/wali calon siswa akan memperoleh surat tanda terima dari panitia penerimaan siswa baru/pindahan untuk berikutnya diserahkan kepada sekolah asal.
  5. Setelah Surat Tanda Terima diserahkan kesekolah asal, orang tua/wali meminta beberapa persyaratan dari sekolah asal diantaranya
    • Tanda bukti mutasi dari dinas pendidikan kabupaten tempat asal
    • Tanda bukti mutasi (Surat bukti fisik)
      • Emis online (jika sekolah asal MTs)
      • Dapodikdasmen (jika sekolah asal SMP/SLTP)
    • Surat keterangan pindah belajar dari sekolah asal
    • Surat keterangan kelakuan baik dari sekolah asal
    • Nilai ulangan harian (jika mutasi pada pertengahan semester)
    • Buku laporan penilaian hasil belajar (Raport Asli) dari sekolah asal
    • Kartu induk siswa nasional (NISN) / Validasi
  6. Selain beberapa persyaratan dari sekolah asal, orang tua wali harus melengkapi persyaratan lainnya untuk kemudian diserahkan dalam tempo maksimal 1 (satu) bulan. Beberapa persyaratan lainnya yang harus disiapkan oleh orang tua/wali calon siswa diantaranya
    • Photo copy ijazah SD/MI yang telah dilegalisir (2 lembar)
    • Photo copy SKHUN SD/MI yang telah dilegalisir (2 lembar)
    • Photo copy akte kelahiran (2 lembar)
    • Photo copy KK (Kartu Keluarga) (2 lembar)
    • Photo copy KTP orang tua (ayah dan ibu) 2 lembar
  7.  Jika persyaratan sudah lengkap, orang tua kembali ke sekolah kami untuk menyerahkan persyaratan dari sekolah asal dan persyaratan lainnya untuk kemudian diserahkan kepada panitia agar segera memperoleh nomor pendaftaran.
  8. Jika semua tahapan sudah selesai dan panitia menyatakan menerima, panitia kemudian akan mengarahkan orang tua/wali untuk menyelesaikan administrasi pendaftaran.
  9. Selesai. Siswa langsung diantar ke asrama tempat tinggal untuk kemudian aktif dan mengikuti seluruh kegiatan sekolah dihari berikutnya.
  10. Proses perpindahan juga bisa dilakukan secara online via WhatsApp (belum rilis)